Tujuan diet pada dm tipe 2

Nutrisi Preventif DM tipe 2 a. Batasi asupan lemak khususnya lemak jenuh rantai panjang dan kolesterol e.

Pengelolaan diabetes melitus dimulai dengan pengaturan makan dan latihan jasmani selama beberapa waktu minggu. This research method using quasi-experimental pre - post test without control group design.

Perilaku sehat Modifikasi perilaku sehat sangat diperlukan. Di amerika serikat, kurang lebih Komplikasi mikrovaskuler yang berkaitan dengan DM meliputi retinopati, nefropati, dan neuropati.

Tanda dan gejalanya adalah sebagai berikut: Glukosa secara normal bersirkulasi dalam jumlah tertentu dalam darah. Oleh karena itu, defek pada post reseptor diduga mempunyai peranan yang dominan terhadap terjadinya resistensi insulin.

Terapi insulin diupayakan mampu meniru pola sekresi insulin yang fisiologis. Terapi gizi medis merupakan bagian dari penatalaksanaan diabetes secara total. Pada keadaan tertentu, OHO dapat segera diberikan secara tunggal atau langsung kombinasi, sesuai indikasi.

Insulin merupakan hormon anabolik atau hormon untuk menyimpan kalori storage hormone.

Untuk mencapai keberhasilan perubahan perilaku, dibutuhkan edukasi yang komprehensif dan upaya peningkatan motivasi. Berkurangnya aliran darah ke kulit juga bisa menyebabkan ulkus borok dan semua penyembuhan luka berjalan lambat.

Pada hewan percobaan, jika sel-sel beta pankreas normal, resistensi insulin tidak akan menimbulkan hiperglikemik karena sel ini mempunyai kemampuan meningkatkan sekresi insulin sampai 10 kali lipat. Epidemiologi Diabetes melitus merupakan penyakit kronis yang menyerang kurang lebih 12 juta orang.

Ramaiah Savitri, f. Umumnya pada keadaan tersebut diatas, pasien memerlukan perawatan rumah sakit Waspadji, Saat ini banyak dipasarkan alat pengukur kadar glukosa darah cara reagen kering yang umumnya sederhana dan mudah dipakai.

Diabetes melitus tipe 2

Disimpulkan edukasi diabetes berpengaruh bermakna terhadap kepatuhan pengaturan diet pada pasien Diabetes Melitus tipe 2. · Jika pada diabetes melitus 1 penyebab utamanya adalah dari malfungsi kalenjar pankreas, pada diabetes melitus tipe 2, gangguan utama justru terjadi pada volume reseptor (penerima) hormon insulin, yakni sel-sel darah.

Diabetes Mellitus (DM) tipe 2 merupakan diabetes dengan onset usia dewasa. Saat ini, karena kecenderungan gaya hidup yang semakin tidak sehat, sehingga epidemi obesitas dan inaktivitas pada usia kanak-kanak, maka DM tipe 2 sudah memiliki kecenderungan terjadi pada usia lebih muda.

Kepatuhan diet merupakan masalah besar yang terjadi pada penderita DM tipe 2 saat ini. Prinsip pengaturan pola makan didasarkan pada status gizi pasien diabetes dan melakukan modifikasi diet dengan memperhatikan gaya hidup serta pola kebiasaan makan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi diabetes terhadap kepatuhan pengaturan diet pada pasien Diabetes Melitus tipe 2.

· Karena itu, tujuan utama terapi diet pada DM Tipe 2 adalah menurunkan dan atau mengendalikan berat badan di samping mengendalikan kadar gula dan kolesterol seperti disebutkan di atas.

Semua ini harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan mencegah atau paling tidak menunda terjadinya komplikasi akut maupun kronis. Penurunan berat badan pada pasien-pasien DM Tipe 2. Diabetes tipe 2 pada mulanya diatasi dengan meningkatkan olahraga dan modifikasi diet. Bila kadar glukosa darah tidak turun melalui cara ini, pengobatan misalnya dengan metforminatau insulin, ICD E Pada DM Tipe 2 jumlah insulin normal, malah mungkin lebih banyak tetapi reseptor insulin yang terdapat pada permukaan sel kurang.

Reseptor inSulin ini diibaratkan sebagai lubang kunci pintu masuk ke dalam sel. Pada keadaan tadi jumlah lubang kuncinya yang kurang, hingga meskipun anak kuncinya (insulin) banyak, tetapi karena lubang kuncinya (reseptor) kurang, maka glukosa yang masuk sel akan.

Tujuan diet pada dm tipe 2
Rated 3/5 based on 62 review