Contoh pengkajian diet dm

Bahan makanan tersebut terdiri dari unsur karbohidrat, lemak dan protein Suyono, Karena memang penyakit diabetes melitus bisa dikendalikan jika penderitanya mau mengatur pola makan dan mengkonsumsi obat penyakit gula yang ampuh. Etiologi a. Hal ini dapat disebabkan oleh berkurangnya jumlah tempat reseptor yang responsif insulin pada membran sel.

Takikardia dan takipnea pada keadaan istirahat c. Jadi, tindakan menginstruksikan pasien untuk mencoba melakukan penyuntikan insulin atau penusukan jari tangan bagi pemeriksaan kadar glukosa darah dapat memperlancar proses pembelajaran dalam pengaspirasian larutan insulin atau pengoperasian alat pemantau glukosa.

Hindari diet tinggi kolestrol, teknik relaksasi, menghentikan kebiasaan merokok, dan penggunaan obat vasokontriksi. Bagi penderita yang terdiagnosa Diabetes Mellitus, ada baiknya bagi mereka jika mampu untuk membelinya.

Konsep Dasar 1. Pemeriksaan kadar glukosa darah rutin harus dilakukan sehingga perubahan kebutuhan insulin dapat diantisipasi dan disesuaikan. Autolysis adalah peristiwa pecahnya atau rusaknya jaringan nekrotik oleh leukosit dan enzim lyzomatik.

Contoh askep DM

Alat pengukur yang memerlukan apusan darah dari strip memiliki lebih banyak tahap yang harus dilakukan. Pantau hasil Lab. Namun demikian, daftar menu makanan untuk penderita diabetes bukan hanya cocok digunakan oleh orang yang menderita penyakit diabetes melitus saja. Namun demikian, kadar gula tentu saja terjadi peningkatan setelah makan dan mengalami penurunan diwaktu pagi hari bangun tidur.

Penyakit Diabetes Mellitus disebabkan oleh karena gagalnya hormon insulin. Faktor utama yang berperan timbulnya KD adalah angiopati, neuropati dan infeksi.

Pemantauan ini merupakan dasar untuk melaksanakan terapi insulin yang intensif termasuk 2 hingga 4 kali penyuntikan insulin per hari atau penggunaan pompa insulin dan untuk menangani kehamilan yang dipersulit oleh penyakit diabetes.

Campur dua tipe insulin dengan benar jika diperlukan 3. Mudah terkena infeksi terutama pada kulit. Selain kadar glukosa darah, faktor lain seperti asam amino, asam lemak, dan hormon gastrointestina merangsang sekresi insulin dalam derajat berbeda-beda.

Kultur pus Mengetahui jenis kuman pada luka dan memberikan antibiotik yang sesuai dengan jenis kuman. Gangren seluruh kaki atau sebagian tungkai. Apabila luka tersebut tidak sembuh-sembuh, bahkan bertambah luas baru penderita menyadari dan mencari pengobatan.

Dukungan yang diberikan melalui partisipasi dalam kelompok pendukung dapat membantu pasien beserta keluarganya untuk lebih memahami penyakit diabetes serta penatalaksanaannya dan dapat meningkatkan kepatuhan mereka terhadap rencana penatalaksanaan.

Adanya riwayat hipertensi, MCI, kesemutan pada ekstremiitas, ulkus pada kaki, penyembuhan yang lama. Gangguan integritas kulit berhubungan dengan perubahan status metabolik neuropati perifer.

Tindakan preventif tersebut mencakup: Mengalami rabun penglihatan secara tiba-tiba 9. Kelainan sel beta pankreas, berkisar dari hilangnya sel beta sampai kegagalan sel beta melepas insulin. Asini sekresi getah pencernaan ke dalam duodenum. Kerja sama dengan tim kesehatan lain: Bantalan pereaksi pada strip akan berubah warnanya dan kemudian dapat dicocokan dengan peta warna pada kemasan produk atau disisipkan kedalam alat pengukur yang memperlihatkan angka digital kadar glukosa darah.

Gejala lainnya seperti mual, muntah, dan nyeri perut bisa juga terjadi. Pendidikan dapat memberikan motivasi untuk meningkatkan tingkat aktivitas meskipun pasien mungkin sangat lemah b.

DMTTI ditandai dengan kelainan dalam sekresi insulin maupun dalam kerja insulin. Berbeda dengan Diabetes Melitus tipe 1, pada Diabetes Melitus tipe 2, ketoasidosis terjadi pada keadaan-keadaan tertentu. Jadi, bagi sebagian pasien diabetes tipe II yang baru terdeteksi, pendidikan dasar tentang diabetes harus harus mencakup informasi tentang keterampilan preventif seperti perawatn kuku dan mat.

Pernapasan Gejala: Mula-mula inti penebalan hiper keratotik dikulit telapak kaki, kemudian penebalan tersebut mengalami trauma disertai dengan infeksi sekunder.

Insulin di sintesis sel beta pankreas dari proinsulin dan di simpan dalam butiran berselaput yang berasal dari kompleks Golgi. Perubahan patologi.Penderita diabetes tipe 1 umumnya menjalani pengobatan therapi insulin (Lantus/Levemir, Humalog, Novolog atau Apidra) yang berkesinambungan, selain itu adalah dengan berolahraga secukupnya serta melakukan pengontrolan menu makanan (diet).

Pada penderita diabetes mellitus tipe 2, penatalaksanaan pengobatan dan penanganan difokuskan pada gaya hidup dan aktivitas fisik. Untuk anda yang ingin mencoba menggunakan pola makan sehat yang disarankan untuk penderita DM tersebut, anda bisa membacanya lebih lanjut di sini. Daftar Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh.

Daftar menu makanan untuk penderita diabetes merupakan menu makanan yang paling mudah disiapkan. Sep 20,  · Diabetes mellitus merupakan sakit kronis yang memerlukan perilaku penanganan mandiri yang khusus seumur hidup. Karena diet, aktivitas fisik dan stress fisik serta emosional dapat mempengaruhi pengendalian diabetes, maka pasien harus.

Diabetes mellitus gestasional (GDM) Askep Diabetes Mellitus (DM) C.

Asuhan Keperawatan (Asekp ) Diabetes Mellitus ( DM ) Terbaru

Etiologi. Diabetes tipe I: Faktor genetik Penderita diabetes tidak mewarisi diabetes tipe I itu sendiri; tetapi mewarisi suatu predisposisi atau kecenderungan genetik ke arah terjadinya DM tipe I.

Kecenderungan genetik ini ditemukan pada individu yang memiliki tipe antigen HLA. Buku Penatalaksanaan Diet pada Pasien. Contoh Penyelesaian Kasus Berdasarkan Langkah-langkah PAGT (NCP) Contoh Penyelesaian Kasus Diabetes Mellitus dengan langkah Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT) Contoh Penyelesaian Kasus Hiperemesis Gravidarum dengan langkah Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT).

CONTOH BAB III METODOLOGI dengan Diagnosa Diabetes Mellitus (DM) BAB III. personal hygiene, eliminasi, keadaan kesehatan saat ini, dan pengkajian fisik.

Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes Mellitus. Jakarta: Peneban Swadaya. Marylin E. Doenges, ().Author: Robby S Jarot.

Contoh pengkajian diet dm
Rated 0/5 based on 39 review